Salah Satu Jenis Pipa yang Digunakan untuk Mengalirkan Cairan Industri!

  • Whatsapp
pipa PVC

Jika pipa PVC (Polyvinyl Chloride) Rucika Standard yang sering digunakan untuk mengalirkan air di rumah, maka beda halnya dengan pipa seamless yang mana kerap dijadikan sebagai material pengalir cairan di berbagai bidang industri. Di samping itu, untuk pipa seamless ini tidak menggunakan media penyambung layaknya PVC yang menggunakan fitting pipa pvc. Untuk info lebih jelasnya, mari kita simak pembahasannya di bawah ini, cekidot:

Pengertian Pipa Seamless

Seamless memiliki arti “tanpa sambungan”. Di mana, pipa jenis ini terbuat dari material baja dan tidak memiliki sambungan untuk media penyambungnya. Biasanya, pipa satu ini dibuat dengan cara melengkungkannya dengan mesin rol, lalu baru kemudian dilas menggunakan metode welded untuk proses penyambungannya.

Selain itu, terdapat dua metode pembuatan pipa yang kerap diterapkan pada pipa jenis ini, di antaranya:

  • Mandrell Mill Process. Di mana, metode ini dilakukan dengan cara memanaskan silinder baja pada tungku pemanas, kemudian bagian tengah pipa ditusuk sampai berlubang. Selanjutnya, material baja dipotong menggunakan mesin rol untuk mengurangi diameter luar, ketebalan, dan menciptakan berbagai ukuran. Untuk hasil akhirnya, pipa didinginkan, dipotong, diluruskan, dan baru finishing.
  • Mannesmann Plug Mill Process. Metode ini dilakukan dengan menggulung bagian silinder pipa sampai berlubang dan meregang. Lubang yang dihasilkan disempurnakan dengan bullet shape, yang ditembuskan pada bagian tengah silinder. Sama dengan metode sebelumnya, proses akhir dari metode ini adalah pipa didinginkan, dipotong, diluruskan, dan finishing.

Kelebihan dari Pipa Seamless

Tentunya, pipa satu ini memiliki banyak sekali kelebihan dan cocok digunakan untuk mengalirkan cairan di berbagai bidang industri, seperti:

  • Tidak menggunakan sambungan sehingga tidak perlu lagi membeli fitting pipe.
  • Risiko terjadinya korosi sangat kecil karena menggunakan material berkualitas.
  • Sangat kuat khususnya terhadap tekanan dan suhu tinggi.
  • Memiliki ovality (deviasi pinggiran melingkar) yang relatif lebih kecil sehingga bentuknya cenderung lebih mulus dibanding pipa lainnya.

Selain bisa digunakan pada bidang industri, pipa satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengalirkan air, pembangkit tenaga listrik, pengeboran geologi, dan masih banyak yang lainnya. Untuk mendapatkan informasi terbaru seputar perpipaan mulai dari produk, harga, sampai dengan tips-tips lainnya bisa mengunjungi website rucika.co.id.

Related posts