Layanan Internet Banking yang Perlu Kamu Ketahui

  • Whatsapp
Layanan Internet Banking

Anda memiliki internet banking? Anda perlu mengetahui layanan-layanan internet banking yang sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari. Bank BRI juga memiliki layanan Internet ebanking bri yang akan memudahkan para nasabah melakukan transaksi online.

  1. Memaksimalkan Fungsi ATM, Bukan Sebatas Tempat Menarik Uang

ATM punya banyak fungsi lain, selain tempat ambil uang tunai. Fungsi lain tersebut meliputi akses sejumlah layanan, antara lain: transfer duit, beli pulsa online, cek saldo, bayar tagihan kartu kredit, bayar listrik, beli pulsa, dan bahkan sampai bisa untuk melakukan pembayaran premi asuransi misalnya.

  1. EDC untuk Transaksi Jual Beli Melalui Kartu Kredit dan Kartu Debit

Sesuai kampanye Bank Indonesia untuk lebih menggerakkan cashless society, alias masyarakat yang bertransaksi tanpa uang tunai, Mesin EDC memungkinkan kita membayar transaksi tanpa uang tunai sehingga praktis dalam berbelanja tanpa ribet menghitung uang.

Biasanya EDC bisa dipakai buat transaksi di toko-toko dan pusat perbelanjaan yang mempunyai transkasi cukup besar, mengingat ada target nominal tertentu bagi toko yang menyediakan layanan mesin EDC. Perlu diingat juga bahwa EDC tidak hanya bisa dipakai dengan cara digesek, namun bisa juga dengan cara menempelkan kartu ke mesin itu.

  1. Internet Banking, Layanan Mudah Seolah Punya Teller Pribadi

Dengan Internet banking, Anda seolah punya teller pribadi dan gak perlu capek antri di bank buat melakukan hampir semua layanan perbankan seperti cek saldo, transfer dana, melihat mutasi rekening, beli pulsa, bayar tagihan listrik, TV kabel, air, telepon, asuransi, Internet, beli tiket, Setor uang deposito dan masih banyak lagi yang lainnya.

Proses pendaftaran internet banking juga mudah tinggal datang ke bank, isi formulir dan kemudian anda akan diberi token plus user ID dan password, one time password (OTP) via SMS yang tergantung jenis banknya.

  1. SMS Banking, Transaksi Perbankan Dalam Genggaman

Dalam buku panduan OJK, Anda juga akan mendapatkan ulasan mengenai SMS Banking yang hampir serupa dengan internet banking. Pebedaannya, SMS banking bisa dilakukan tanpa koneksi internet, yakni cukup melalui pesan singkat. Fitur SMS banking mirip dengan Internet banking, tapi tidak perlu pakai Internet kalau menggunakan layanan ini. Hal yang utama adalah kita punya stok pulsa yang cukup.

  1. Mobile Banking, Solusi Menarik di Antara Internet Banking dan SMS Banking

Dalam Buku Bijak Ber-E-Banking, dibahas pula mengenai Mobile Banking yang merupakan perpaduan antara SMS banking dan internet banking. Syarat agar Anda bisa melakukan transaksi melalui Mobile Banking ini adalah harus medaftarkan sim card melalui aplikasi bank pada smartphone.

  1. Phone Banking, Anda Tinggal Telepon dan Transaksi Keuangan pun Beres

Pembahasan lain pada Buku Bijak Ber-E-Banking adalah mengenai Phone Banking. Melalui fitur Phone Banking, nasabah hanya perlu menelepon pihak bank untuk melakukan transaksi, tanpa perlu pergi ke ATM, dan tanpa perlu koneksi internet. Ya, sangat simpel, tinggal telepon semua beres, namun Anda tetap wajib mendaftar dulu ke bank untuk mendapatkan PIN phone banking yang akan digunakan buat otorisasi atau izin buat bertransaksi via telepon.

  1. Video Banking, Bisa Tatap Muka dengan Teller Bank Melalui Video

Bagian terakhir Buku Bijak Ber-E-Banking juga membahas tuntas mengenai fitur Video Banking. Berbeda dengan fitur banking lain yang bisa dilakukan kapan saja, fitur Video Banking ini hanya memberikan pelayanan pada waktu tertentu saja, seperti hari Sabtu dan Minggu. Dengan video banking ini, kita bisa melakukan transaksi seolah olah tatap muka dengan teller Bank, seperti layaknya bertransaksi di loket bank tapi lewat video.

Related posts