Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Betis

  • Whatsapp
Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Betis

Kulit wajah cerah atau badan yang ideal memanglah meningkatkan tingkat percaya diri beberapa orang. Tetapi tidak hanya itu saja, ukuran betis yang besar sering kali bikin kita kurang percaya diri di depan orang banyak. Terlebih bagi kaum wanita yang suka pakai celana atau rok pendek, betis yang besar tentu saja sangat mengganggu penampilan.

Ukuran betis yang terlihat besar bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari faktor genetik, kelebihan lemak tubuh, gaya hidup sedentari, terlalu banyak konsumsi garam, hingga kondisi medis yang menyebabkan kaki bengkak. Jika betis besar akibat kelebihan lemak dan kurang gerak. Terdapat berbagai cara yang efektif untuk meningkatkan dan mengubah bentuk bagian tubuh, termasuk betis. Ada dua hal yang mendasarinya, melalui makan sehat dan rutin berolahraga.

Olahraga yang efektif untuk mengecilkan betis adalah olahraga yang fokus membangun otot. Olahraga yang membangun otot bisa lebih efektif ketika terlibat dalam pelatihan yang mencakup latihan resistensi. Bukannya hanya melakukan latihan kardiovaskular seperti berlari. Cara mengecilkan betis bisa dengan memasukkan beberapa menu latihan yang berfokus pada otot betis. Porsinya bisa tiga hingga empat kali seminggu. Jangan pula lupa, aktivitas fisik ini harus disertai dengan diet sehat dan bergizi seimbang.

Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Caranya dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi. [1]

Olahraga bisa membuat otot betis terlihat lebih kencang, sehingga ukurannya pun akan terlihat lebih ramping. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita dapat melakukan berbagai jenis latihan yang memang dikhususkan untuk melatih otot betis, seperti di bawah ini:

  • Olahraga Aerobik

Cara mengecilkan betis yang paling penting adalah membakar lemak subkutan yang menumpuk di bawah kaki. Nah, kita bisa membakar lemak-lemak tersebut melalui olahraga aerobik. Menurut American College of Sports Medicine, olahraga aerobik yang dilakukan selama 30 menit setiap hari dapat membakar lemak di betis dengan cepat, kita bisa memilih jenis olahraga aerobik apapun yang kita sukai, mulai dari jalan cepat, lari, berenang, atau bersepeda.

Supaya hasilnya maksimal, cobalah rutin bersepeda sebanyak 5 kali seminggu. Bersepeda dapat membantu meningkatkan daya tahan otot di betis, glutes, paha depan, dan paha bagian belakang (hamstring).

  • Peregangan Otot Kaki

Cara mengecilkan betis tidak melulu harus melakukan olahraga yang berat, tapi juga bisa diwujudkan dengan peregangan sederhana, lho! Peregangan yang terpusat pada kaki dapat mengencangkan otot-otot paha hingga bokong tanpa membuatnya jadi besar.

Begini cara peregangan kaki yang ampuh mengecilkan betis:

  1. Berdiri dengan tegak. Supaya lebih seimbang, kita boleh meletakkan tangan di pinggul.
  2. Letakkan kaki kanan di depan, sementara kaki kiri di belakang. Tekuk lutut kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat. Pastikan lutut kanan kita tegak lurus dengan punggung kaki supaya tidak cedera.
  3. Tahan selama beberapa detik. Rasakan berat badan ktia menekan bagian paha dan betis. Lalu, kembali ke posisi awal.
  4. Ulangi sebanyak 10 kali. Kalau sudah, lakukan hal yang sama pada kaki kiri. [2]
  • Jogging

Cara mengecilkan betis lewat olahraga juga bisa dengan rutin berjoging. Jogging bisa menjadi cara yang efektif untuk membuang lemak di seluruh tubuh, termasuk di betis dan kaki. Berapa lama durasinya? Nah, untuk hasil yang efektif, lakukanlah selama 30 menit tiap harinya, bisa dimulai dengan jalan cepat. Ingat, jogging yang dilakukan rutin membantu menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan.

  • Beberapa Olahraga

    dirumah

Ada beberapa jenis latihan yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mengecilkan betis, asal dilakukan secara rutin, yaitu:

  • Buka kaki selebar bahu, tahan kuda-kuda tangan di depan dada, tekuk kedua lutut sambil perlahan jinjitkan kaki, tahan 2-3 detik, ulangi beberapa kali.
  • Latihan berjinjit. Gerakan ini mudah dan bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lain, seperti nonton televisi. Caranya, berdiri tegak dengan membuka kaki selebar bahu, lalu jinjitkan kedua kaki dengan bertumpu pada seluruh jari kaki, tahan sekitar 1-2 detik dan ulangi hingga 20 kali.
  • Naik Turun Tangga, Ternyata, kita tidak perlu repot harus pergi ke gym atau pusat kebugaran untuk mengecilkan betis. Pasalnya, kita hanya membutuhkan tangga di rumah saja. Untuk mempraktekannya, cukup lewati 2 anak tangga sekaligus dan kembali lagi ke posisi semua. Mengulang gerakan ini dijamin deh bakal bikin paha lebih kecil dan kencang.
  • Lompat tali. Untuk melakukan latihan ini, dibutuhkan alat berupa tali skipping dan area yang agak luas. kita bisa lakukan latihan ini di teras atau halaman rumah pada pagi atau sore hari. Cara melakukannya adalah, berdiri tegak, buka kaki selebar bahu, rentangkan kedua tali dengan tetap menjaga siku di dekat tubuh, lalu mulailah melakukan lompatan. Lakukan selama sekitar 10-20 menit setiap harinya. Gerakan lompat tali ini tidak hanya efektif untuk mengecilkan betis. Namun, latihan ini juga membantu membakar lemak-lemak dalam tubuh, seperti lemak perut dan paha. [1]

Setiap kita melakukan olahraga dalam bentuk apapun dan dengan tujuan apapun, sebaiknya kita memulai dengan pemanasan sebelum memulai olahraga dan melakukan pendinginan sebelum berolahraga. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi air minum untuk menunjang aktivitas olahraga kita agar terhindar dari dehidrasi. Ketika kita ingin membuat betis kita mengecil, malah nanti tubuh kita akan dehidrasi. Maka dari itu pilihlah air minum berkualitas yang tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan, tetapi kaya akan mineral yang terkandung didalamnya.

Seperti yang kita tahu, bahwa AQUA diketahui sangat jelas dari mana asal air yang dipastikan kualitasnya. Jika sumber airnya tidak jelas, tentu kandungan mineralnya patut untuk dipertanyakan. AQUA berasal dari 17 sumber air pegunungan di Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Dari sana, proses penyaringan alami dari batu-batuan vulkanis terjadi. Itulah yang memungkinkan keberadaan kandungan mineral di dalam air AQUA.

Untuk memastikan kemurnian, proses produksi pun dilakukan dengan standard higienis yang tinggi, memastikan tidak ada campur tangan manusia dalam prosesnya. Di dalam air AQUA memang terdapat sejumlah mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti natrium, kalium, flouride, kalsium, dan magnesium. Dalam menentukan sumber air, AQUA melakukan analisis minimal satu tahun untuk memilih sumber air yang dapat diolah menjadi air minum yang aman, bersih, tidak berasa, dan tidak berbau.

Itu belum cukup. AQUA masih melakukan 400 kali lebih pemeriksaan kualitas berikutnya supaya memastikan air tetap berkualitas. Dengan demikian, keamanan air AQUA pasti terjamin. Kalau sudah tahu sumber airnya, dalam menentukan air minum terbaik untuk dikonsumsi, lihat pula cara mengambil air. Ini penting karena kualitas air bisa menurun jika diambil dengan cara yang sembarangan. Dalam hal ini, AQUA memberi jaminan. Proses pengambilan air dilakukan dengan cermat. AQUA memilih mengalirkan langsung dari sumber air ke pabrik pengolahan supaya meminimalkan risiko terkontaminasi. Untuk melakukannya, air dialirkan lewat pipa stainless steel yang tahan karat. Dengan demikian, kemurnian dan kebaikan air tetap terjaga sampai ke tempat pengolahan.

Cermati pula proses pengolahan dan pengemasan air mineral. Sekali lagi, agar bisa mendapat air mineral yang bagus untuk dikonsumsi, prosesnya harus steril dan bebas dari polutan. Langkah yang dilakukan AQUA bisa menjadi acuan. Sebelum air dikemas, proses penyaringan dan pembersihan dari kontaminasi mikrobiologi dilakukan. AQUA melakukan ratusan pemeriksaan untuk memastikan kebaikan alami dan kandungan asli air tersimpan di dalam kemasan. [3]

  1. https://www.halodoc.com/artikel/5-cara-untuk-mengecilkan-betis
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/cara-mengecilkan-betis-dengan-cepat/#gref
  3. https://www.sehataqua.co.id/cara-memilih-air-minum-terbaik-untuk-dikonsumsi-setiap-hari/

Related posts