DAPAT PENCERAHAN REGULASI KETENAGAKERJAAN DARI DOSEN HUKUM UPN VETERAN JAKARTA, WARGA BAMAS BERSYUKUR DAN BERTERIMA KASIH

Bekasi, Turut membantu dalam pembangunan serta meningkatkan perlindungan tenaga kerja dan perlindungan kerluarga sesuai dengan harkat dan martabat adalah point utama Pengabdian Masyarakat Tim Dosen Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta di Perumahan Bamas RT 07 RW 014 Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Bapak Ibu warga masyarakat harus mengetahui betul apa saja hak-hak kita dalam perusahaan tempat kita bekerja, kita punya hak-hak dasar yang harus kita dapatkan, apa saja hak hak tersebut dapat kita lihat pada undang-undang ketenagakerjaan, oleh karena itu kami tim Pengabidan Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta akan mengupas lebih dalam secara singkat kepada Bapak Ibu warga Sekalian, Tutur Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Surahmad SH., MH., CCD. Dosen Perdata Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Pada dunia kerja, hal yang utama untuk perlu dipahami oleh setiap pekerja adalah jaminan atas hak-hak dasar pekerja yang mereka dapatkan pada lingkungan kantornya tempat bekerja. Tempat bekerja haruslah kondusif untuk setiap pekerja, kondusifitas dalam bekerja sejatinya telah diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan, salah satu ketentuan agar kondisi tempat kerja dapa kondusif adalah ketentuan mengenai kesamaan kesempatan dan perlakuan tanpa adanya diskriminasi.

Menurut Surahmad Setiap pekerja harus memiliki hak yang sama, Karena dalam Undang-Undang nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Sebelum di ubah dan di Elaborasi dengan undang-undang yang lain sehingga menjadi satu kesatuan Undang-undang (Omnibus Law) yakni undang-undang nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja “Peraturan tenga kerja terdapat pada Pasal 31 Setiap tenaga kerja mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk memilih, mendapatkan atau pindah pekerjaan dan memperoleh penghasilan yang layak di dalam atau di luar negeri. Bapak ibu dapat melihat nya lebih jelas dan detail karena telah di atur pada undang-undang tersebut” tegas Surahmad yang telah mendedikasikan dirinya pada Kampus Bela Negara selama 30 tahun itu.

Agar terjadi keseimbangan dan keberlanjutan perusahaan tentu saja sebagai pegawai/buruh dalam sebuah perusahaan, perlu juga mendapatkan pemahaman akan kewajiban dan hak yang dilaksanakan oleh para pimpinan perusahaan. Pada prinsipnya dalam menjaga atmosfer pembangunan lingkungan tenaga kerja yang kondusif pemerintah telah mengatur sedemikian rupa, dengan menggunakan berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga banyak dimensi dan keterkaitan antara pegawai/buruh yang berkeja dengan pimpinan perusahaan yang mendapat keuntungan materi dan kapitalisasi agar bias usaha secara tetap dan berkelanjutan demi menciptakan pembangunan kesejahteraan antara kedua belah pihak. “Saling menghormati dan saling menghargai antara pimpinan dan pegawai juga menjadi wujud karakter orang Indonesia, hal ini lah yang di ajarkan dari nilai-nilai bela negara, nilai-nilai ini acap kali dilakukan pada lingkup dimana tempat saya bekerja. Menurut saya, dimanapun kita bekerja, baik itu di kantor, di pabrik, di pasar ataupun usaha sendiri, nilai-nilai bela negara dapat kita terapkan oleh bapak ibu sekalian, sedangkan saya melakukan bela negara setiap hari bapak ibu, karena tempat kerja saya namanya saja kampus bela negara..hehe” kelakar Surahmad Dosen yang Asli putra daerah dari Gunung Kidul DI Yogyakarta itu.

Dalam kesempatan yang sama Ketua RT 07 RW 014 Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, yaitu Bapak Suhadi mengucapkan terima kasih terhadap Tim Dosen Fakultas Hukum Universitas Pembagunan Nasional Veteran Jakarta yang telah berbagi ilmu kepada warga masyarakat RT 07 RW 014 Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. “Saya merasa bersyukur sekali dengan adanya Pak Surahmad hadir pada lingkungan kami, Saya berterima kasih kepada Tim Pengabidan Masyarakat yang diwakili oleh Bapak Surahmad, dapat memberikan sedikit banyaknya pengetahuan yang cocok dengan pekerjaaan warga masyarakat disini. Tutur RT Suhadi.

Demografi warga masyarakat Kabupaten Bekasi di dominasi oleh para pegawai/buruh kantoran dan pabrik, walaupun secara garis besar pekerjaan warga bervariatif, umumnya banyak warga setempat yang berkerja dan berkantor di wilayah Jakarta serta perusahanaan atau pabrik pada wilayah Cikarang. Hal ini artinya, dalam menentukan lokasi pengabdian masyarakat yang mana ketiga Tiim Dosennya pun adalah dosen hukum perdata, sehingga kebermanfaatan agenda pengabdian masyarakat menjadi sangat sesuai dengan warga masyarakat setempat yang dituju. Adapun anggota tim pengabdian masyarakat lainnya yaitu Bapak Dr. H. Iwan Erar Joesoef, S.H., Sp.N., M.Kn., C.C.D. dan Bapak Andrianto Adhi Nugroho, SH, MH, CCD.