Cara Menyiapkan Seminar Online

  • Whatsapp
Seminar Online

Di zaman yang sudah serba teknologi ini, mengadakan seminar online menjadi sebuah cara paling ampuh untuk bisa memberikan presentasi kepada khalayak ramai. Terutama, untuk sebuah bentuk pemasaran, maka seminar dengan menggunakan platform digital juga bisa diakui keberhasilannya saat ini. Akan tetapi pada persentase keberhasilan seminar secara online juga perlu memenuhi beberapa syarat agar dapat menarik untuk para pesertanya atau audiens.

Cara Membuat Seminar Online yang Menarik

Mempersiapkan seminar yang baik tentunya berujung pada keberhasilan seminar digital yang akan kamu selenggarakan. Berikut dibawah ini ada beberapa tips yang dapat membuat seminar digital kamu akan semakin menarik diantaranya:

1. Pilih Tema yang Menarik

Para peserta akan tertarik apalagi dari sebuah seminar digital yang datang dari tema yang akan dibahas. Karena ada beberapa pilihan tema yang mungkin akan menarik untuk para peserta, misalnya seperti tips dan juga trik, bisnis, serta tutorial. Pada tema yang dipilih nantinya, kemudian buatlah judul yang cukup membangkitkan rasa penasaran banyak orang sehingga ingin sekali mengikuti kegiatan seminar tersebut.

2. Cari Audiens yang Tepat

Jika kita sudah menemukan tema yang dirasa cukup menarik, selanjutnya kamu perlu menyebarkan informasi seminar online kamu ke semua audiens yang tepat. Dalam hal ini ada tiga cara dalam menentukan audiens yang cocok untuk tema kamu diantaranya.

a. Meneliti Latar Belakang Demografi

Langkah pertama yaitu meneliti latar belakang demografi dari calon audensi. Yang termasuk di dalamnya yakni jenis kelamin peserta, usia, sampai dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan.

b. Analisa Personal

Langkah kedua kamu perlu menganalisa persoalan yang mungkin mereka alami. Dan apakah seminar digital kamu bisa menawarkan solusi untuk persoalan mereka atau tidak.

c. Membuat Survey

Langkah yang terakhir adalah membuat survey. Cara nya kamu bisa membuat beberapa pertanyaan yang disebar layaknya kuisioner. Di dalam kuisioner tersebut kamu bisa menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan seminar digital kamu.

3. Pilih Pembicara yang Kompeten

Dengan memilih pembicara yang juga sama pentingnya dengan audiens, karena beberapa pendapat bahkan ada yag mengatakan bahwa pembicara adalah faktor utama. Pastinya kamu juga harus memilih pembicara yang memiliki kapasitas dalam topik ataupun dengan tema yang akan disampaikan. Apabila pembicara memiliki kompetensi yang baik, maka jalannya seminar pastinya akan lebih menarik bagi para peserta. Sebab audiens juga seringkali melontarkan reaksi yang di luar dugaan seperti menanyakan tentang tema yang dibawakan. Bila pembicara menguasai topik, maka apa pun reaksi atau bahkan pertanyaan peserta pasti akan dapat dijawab dengan memuaskan. Sehingga para pembicara juga wajib punya karakteristik yang interaktif. Karena bagaimanapun juga, para peserta seminar digital tentunya ingin diakui kehadirannya. Kemudian cara yang paling mudah yaitu dengan me-notice respon mereka. Karena jika tidak, kamu bisa sesekali sebut nama peserta yang hadir secara acak. Dengan hak itu secara tidak langsung dapat membuat peserta lebih merasa dihargai dalam seminar yang berlangsung.

Saat ini juga sudah banyak jasa live streaming murah yang biasa digunakan untuk membantu jalanan acara seminar karena dengan bantuan dari jasa live streaming tersebut kita tidak usah repot-repot dan khawatir akan ganggu jaringan atau koneksi internet karena hal ini akan di jamin oleh pihak jasa live streaming yang profesional seperti dari Studio Pelangi yang menjamin tidak akan ditemukan gangguan buffering saat seminar online berlangsung.

Related posts