Cara Memilih Sepatu Gunung dari SehatQ

  • Whatsapp
Sepatu Gunung

Aktivitas mendaki gunung saat ini tengah menjadi suatu kegiatan yang lumayan populer di kalangan kaum milenial. Bukan hanya untuk menikmati keindahan alam, kegiatan mendaki gunung juga sebagai salah satu cara untuk olahraga yang memiliki banyak manfaat. Di negara-negara luar sana, mendaki gunung menjadi sebuah kegiatan yang hampir dilakukan setiap minggu oleh kebanyakan orang. Kemudian ada beberapa gunung bahkan mempunyai tracking tersendiri yang sudah dibuat khusus agar bisa memudahkan perjalanan para pendaki.

Akan tetapi, kegiatan ini tidaklah sebuah kegiatan yang mudah. Sehingga kamu perlu banyak persiapan untuk bisa mendaki sebuah gunung. Bukan hanya fisik yang prima, namun kamu juga harus punya peralatan yang mumpuni atas nama keselamatan serta kenyamanan saat mendaki gunung. Dengan menggunakan sepatu gunung sebagai benda pertama yang harus kamu punya. Jika kamu punya sepatu hiking yang berkualitas maka akan dapat membantu untuk melindungi kaki ketika mendaki. Berikut dibawah ini tips memilih sepatu gunung yang berkualitas dari beberapa review orang-orang.

1. PILIHLAH UKURAN SEPATU YANG LEBIH BESAR DARI UKURAN KAKI

Mungkin pada umumnya sepatu harian harus mempunyai ukuran yang pas dengan kaki, tapi berbeda dengan sepatu gunung. Karena kamu harus memilih sepatu hiking yang punya ukuran lebih besar dari kaki kamu. Contohnya untuk sepatu sehari-hari, kamu menggunakan ukuran sepatu 40 jadi khusus untuk sepatu hiking kamu harus pilih ukuran 41 atau 42. Dengan adanya ruang lebih pada sepatu ini yabgy bertujuan agar kaki kamu tidak sakit ketika melakukan perjalanan turun gunung.

Namun bila kamu pilih ukuran sepatu gunung yang sama dengan kaki, maka akibatnya bagian ujung jari kaki akan sangat tersiksa ketika turun gunung karena tertekan dan terhimpit oleh ujung sepatu. Peristiwa ini juga biasanya dapat menyebabkan cedera seperti kuku ibu jari kaki yang lepas atau jari kaki akan lebam. Dengan adanya sisa ruang lebih pada ujung sepatu juga akan bisa memberikan kamu pilihan untuk menggunakan kaus kaki lebih tebal agar nantinya kaki terlindungi dari udara dingin ketika mendaki di malam hari.

2. LIHAT KONDISI SOL SEPATU GUNUNG

Mirip dengan lihat ukuran, karena sol sepatu hiking juga berbeda dengan sol sepatu sehari-hari ataupun sepatu marathon. Ini disebabkan sol sepatu hiking didesain khusus untuk melewati medan pendakian yang penuh batu, licin, dan juga untuk struktur tanah yang tidak menentu. Jadi ada baiknya pilih sepatu hiking dengan sol berceruk tajam dengan punggung sol yang tinggi sehingga kamu tidak akan mudah terpeleset ketika mendaki. Kemudian dengan struktur sol seperti ini maka kaki kamu akan menapak dengan sangat nyaman ketika melewati berbagai medan yang curam di jalan pegunungan.

Bukan hanya itu, memilih sol sepatu dengan tumit besar dan kuat berbahan karet atau sintetis. Karena sol tumit besar dan kuat mampu menahan laju ketika perjalanan turun gunung sehingga tidak akan mudah terpeleset.

3. PILIHLAH SEPATU DENGAN LEHER EMPUK

Kemudian pilih sepatu dengan bagian leher sepatu yang empuk, karena saat bergesekan dengan atas tumit sehingga jika kondisi leher sepatu keras maka tumit juga akan mudah terluka ataupun lecet. Kemudian luka ini juga akan semakin cepat timbul ketika kamu berjalan dalam waktu yang lama. Maka dari itu saat memilih sepatu hiking kamu harus lihat bagian leher sepatu apakah cukup lembut yang akan menjadikan untuk bisa mengurangi gesekan dan agar bagian atas tumit terlindungi.

Related posts